Steps to a Social Media Strategy

06 July 2017 Dea Sopany No Comments!

Kekuatan media sosial yang mampu menjangkau khalayak secara mudah dan murah, menjadikannya media yang kini sering digunakan untuk memasarkan sebuah produk dan brand. Kemudahan untuk langsung berkomunikasi dengan konsumen pun memberikan nilai plus bagi pemasar untuk mendapatkan direct feedback dan melakukan pengukuran.

Social media juga bisa menjadi alat untuk meningkatkan traffic ke situs/website TR Troops dan juga meningkatkan ketertarikan audience tentang produk.

Ada 4 langkah mendasar yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran.

1. Target dan Communication Objectives

Sebelum TR Troops menyusun strategi konten untuk media sosial, tentukan terlebih dahulu apa tujuan dari media sosial bagi bisnis? Siapa saja yang targetnya? Wilayah penjualan yang cocok untuk produk yang ingin dipasarkan berada dimana? Semua jawabannya akan menjadi penentu TR Troops untuk mengendalikan strategi media sosial untuk bisnis yang dimiliki.

2. Menentukan Channel Yang Sesuai

TR Troops bisa mulai membuat riset atau memantau kebiasaan para calon konsumen melalui media sosialnya. Seperti biasanya mereka menggunakan media sosial apa? Apa yang sering mereka lakukan di media sosial? Sekaligus TR Troops bisa menentukan media sosial mana yang pas untuk brand/produk yang TR Troops ingin pasarkan. Jika produk TR Troops adalah B2B service, LinkedIn bisa menjadi channel yang cocok. Jika produk TR Troops adalah retail atau industri fashion, TR Troops bisa mempertimbangkan Instagram/Facebook.

3. Mengutamakan Konten dan Visual

Konten adalah raja. Artinya konten yang TR Troops buat haruslah memberikan impact yang kuat untuk target audience. Memberikan penjelasan produk/brand apa yang TR Troops ingin pasarkan. TR Troops juga bisa menggunakan konten visual, seperti video dan infographics untuk menjelaskan hal kompleks atau mengedukasi audience tentang produk yang ingin dipasarkan. Perlu diingat juga bahwa media sosial ada dalam kondisi yang mobile, maka waktu yang tepat untuk posting akan menentukan relevansi konten sekaligus mendorong engagement dengan komunitas di media sosial.

4. Need Your Team and The Process

Untuk tahap awal, mengelola media sosial bagi memang banyak tantangannya. Perlu dibuatkannya perencanaan dan strategi media sosial untuk bisnis TR Troops. Pemanfaatan media sosial selain untuk pemasaran online juga bisa digunakan untuk customer service, maka perlu juga ditentukan apakah yang menjadi tujuan dari bisnis TR Troops menggunakan media sosial.

Perlunya membentuk tim khusus yang bisa mengelola media sosial. Diutamakan memilih tim yang paham dengan media sosial, bukan hanya paham bagaimana cara menggunakannya namun juga paham dengan esensi media sosial.

Selain mengelola media sosialnya, TR Troops juga perlu memonitor dan mendengarkan perbincangan yang terjadi di media sosial. Bisa saja ada perbincangan yang relevan dengan bisnis TR Troops. Karena dengan memonitoring, TR Troops juga bisa membuat evaluasi penggunaan media sosial ke depannya apakah efektif atau tidak.

RECENT POST
First Time Visiting Neighboring Country

On 07 Dec 2017 10:13, by Jessica An

Learning By Doing at its Best in Trendreader - Intership Program

On 03 Nov 2017 10:13, by Ansi Hahuri

How Social Media Monitoring Can Help Your Digital Campaign

On 24 Oct 2017 14:13, by Dea Sopany

Employees Dedication and the Art of Applying Familial Working Environment

On 13 Jun 2017 , by Emilia Natarina

CONFERENCES TO CONVERSE

On 15 Mar 2017 , by Razki Raditya

A Tale of Visual Story Telling, Values, and Branding

On 19 Oct 2016 12:00, by Emilia Natarina

Trendreader Takes Part in JAMMPIRO#2

On 18 Oct 2016 08:56, by Dea Sopany & Martinus Agung

"From Newbie to New Me"

On 12 Oct 2016 , by Hanif Taufik

"Work Hard, Play Hard!"

On 24 Nov 2014 21:09, by Haris Hirawan

A Warm Hello in Hidden Heaven on Earth

On 28 Sep 2014 11:19, by Rahman Hidayat

CATEGORY
Analytics Featured