"Bro" Sebagai Bahasa Pemersatu

18 October 2013 13:51 Anggi Suryo Praditio No Comments!

Kata "Bro" yang merupakan kependekan dari "Brother" diartikan sebagai kata penghormatan dan sebagai tanda pemersatu individu dalam kelompok. Brotherhood, sebuah kata yang penuh arti bagi kehidupan sehari-hari. Kata "Bro" atau "Brother" atau kemudian sering dieja dengan "Brader" memang merupakan istilah yang sangat akrab di telinga masyarakat di Indonesia dan mungkin juga di dunia belakangan ini. Panggilan ini memang erat dengan kehidupan, untuk menjalin persaudaraan, kebersamaan dan solidaritas yang dikenal dengan istilah brotherhood. Secara harfiah, brother adalah saudara pria yang lahir dari Ibu sekandung. Dan apabila dikaitkan dengan slogan Bahasa Inggris, brotherhood diartikan sebagai persaudaraan pada keseharian kita. Jadi, inti dari brotherhood adalah persaudaraan sejati, persaudaraan tanpa batas.

Brotherhood dapat dijadikan simbol kekuatan pemersatu sebuah komunitas. Brotherhood adalah spirit atau semangat dalam sebuah komunitas untuk terus maju dan berkembang. Bagaimana seharusnya kita dapat bersikap dan memperlakukan setiap individu baik itu pria maupun wanita, layaknya kita memperlakukan individu-individu tersebut seperti saudara tanpa membedakan status, suku dan agama. Karena bagaimanapun, manusia adalah makhluk sosial yang saling hidup berdampingan dan saling bergantung satu dengan yang lain. Namun di sisi lain, terkadang sebagian besar manusia atau bahkan kita sendiri memiliki pandangan negative tentang istilah brotherhood tersebut. Seharusnya solidaritas dan persaudaraan dapat dijaga atas nama kebenaran dan kebaikan, namun acapkali makna brotherhood "dimanfaatkan" untuk hal-hal yang sebenarnya merupakan kesalahan atau keburukan.

Brotherhood tidak memandang jenis dan keadaan seseorang, tapi lebih mementingkan hak dari seseorang. Sangat disayangkan jika rasa persaudaraan dinodai hanya karena ego dan kepentingan semata. Sungguh berat memahami arti sesungguhnya dari brotherhood, namun yang terpenting adalah brotherhood dapat dirasakan dan dimulai dari dalam diri kita masing-masing serta ke mana arah tujuan dan pencapaian arti dari istilah brotherhood yang sesungguhnya. Semoga saja makna brotherhood, persaudaraan solidaritas dapat didasarkan atas nilai-nilai kebenaran dan kebaikan, jangan ada lagi pemaknaan yang salah kaprah atas arti brotherhood.

RECENT POST
Malam Silaturahmi & 5 Years Achievement, Trendreader Media Monitoring at Grand Whiz Hotel Poins Simatupang

On 14 Sep 2023 17:40, by Dea Sophany

5 Tips to Win the Online Customer Handling Game

On 21 Dec 2017 09:13, by Emilia Natarina

First Time Visiting Neighboring Country

On 07 Dec 2017 10:13, by Jessica An

Learning By Doing at its Best in Trendreader - Intership Program

On 03 Nov 2017 10:13, by Ansi Hahuri

How Social Media Monitoring Can Help Your Digital Campaign

On 24 Oct 2017 14:13, by Dea Sopany

Steps to a Social Media Strategy

On 06 Jul 2017 , by Dea Sopany

Employees Dedication and the Art of Applying Familial Working Environment

On 13 Jun 2017 , by Emilia Natarina

CONFERENCES TO CONVERSE

On 15 Mar 2017 , by Razki Raditya

A Tale of Visual Story Telling, Values, and Branding

On 19 Oct 2016 12:00, by Emilia Natarina

Trendreader Takes Part in JAMMPIRO#2

On 18 Oct 2016 08:56, by Dea Sopany & Martinus Agung

CATEGORY
Analytics Featured